MAKALAH
Di
ajukan untuk memenuhi mata kuliah
SEJARAH PERADABAN
ISLAM
“PERTUMBUHAN
DAN PERKEMBANGAN ISLAM PADA MASA
KHULAFAUR
RASYIDIN”
OLEH
Kelompok 2 :
1Abdiah., 2. Anisa Herlina ,
3.Atin Marlina ,
4.Damayanti, 5.Deby Arsita.
SEMESTER : 2 ( DUA )
LOKAL : 28
JURUSAN: TBI
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
RASYIDIYAH KHALIDIYAH (RAKHA) AMUNTAI
2012
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kita haturkan kepada ALLAH SWT karena limpahan rahmat dan hidayahNYA
saya dapat menyelesaikan makalah ini. Shalawat serta salam kita curahkan kepada
junjungan kita Rasulullah SAW yang telah membawa kita ke jalan kebenaran yaitu
Islam.
Kami
juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak H.Muhdar selaku Dosen mata kuliah
Sejarah Pendidikan Islam yang telah membimbing kami dalam penyusunan makalah
kami ini, dan juga kepada teman – teman
yang telah memberi motivasi kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan
makalah ini.
Kami
berharap makalah ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita
semua. Kami menyadari bahwa makalah ini tidaklah sempurna sebagaimana mestinya.
Oleh karena itu, kami mengharapkan adanya kritik dan saran yang membangun dari
semua pihak agar Kami dapat memperbaiki kesalahan – kesalahan yang terjadi
untuk menyesaikan tugas makalah berikutnya.
Amuntai, Maret 2012
Penyusun
DAFTAR
ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL..................................................................................... i
KATA PENGANTAR .................................................................................. ii
DAFTAR ISI.................................................................................................. iii
BAB I PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG MASALAH ......................................................... 1
B.PERUMUSAN MASALAH...................................................................... 1
C.TUJUAN PENULISAN............................................................................ 2
D.METODE PENULISAN........................................................................... 2
BAB II PERTUMBUHAN PERKEMBANGAN ISLAM
PADA MASA
KHULAFAUR RASYIDIN
A.PENGERTIAN KHULAFAUR RASYIDIN........................................... 3
B.EMPAT KHALIFAH SHAHABAT
NABI............................................. 3
1.KHALIFAH ABU BAKAR
AS-SIDDIQ................................................ 3
1)Menjadi
Khalifah Pertama ......................................................... 3
2)Ekspedisi ke Utara ..................................................................... 4
3)Pengumpulan Al Quran ............................................................. 4
4)Kewafatan Saidina Abu Bakar As-Siddiq ................................. 4
5)Sumbangan Saidina Abu Bakar ................................................ 4
2)Ekspedisi ke Utara ..................................................................... 4
3)Pengumpulan Al Quran ............................................................. 4
4)Kewafatan Saidina Abu Bakar As-Siddiq ................................. 4
5)Sumbangan Saidina Abu Bakar ................................................ 4
2.KHALIFAH UMAR BIN KHATAB ( 634-644 M )
.............................. 5
1)Pemerintahan
Saidina Umar ......................................................... 5
2)Wafatnya Saidina Umar ............................................................... 6
2)Wafatnya Saidina Umar ............................................................... 6
3.KHALIFAH UTHMAN BIN AFFAN ( 644-656 M
) ............................ 6
4.KHALIFAH ALI BIN ABI THALIB ( 656-661 M ) .............................. 7
4.KHALIFAH ALI BIN ABI THALIB ( 656-661 M ) .............................. 7
BAB IV PENUTUP
A.KESIMPULAN .......................................................................... 9
B.SARAN-SARAN ........................................................................ 9
DAFTAR PUSTAKA .................................................................... 10
BAB
I
PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG MASALAH
Pengalaman
masa lalu atau Sejarah merupakan suatu rujukan yang sangat penting saat kita
akan membangun masa depan. Sekaitan dengan itu kita bisa tahu apa dan bagaimana
perkembangan islam pada masa lampau. Namun, kadang kita sebagai umat islam
malas untuk melihat sejarah. Sehingga kita cenderung berjalan tanpa tujuan dan
mungkin mengulangi kesalahan yang pernah ada dimasa lalu. Disnilah sejarah
berfungsi sebagai cerminan bahwa dimasa silam telah terjadi sebuah kisah yang
patut kita pelajari untuk merancang serta merencanakan matang-matang untuk masa
depan yang lebih cemerlang tanpa tergoyahkan dengan kekuatan apa pun.
Perkembangan
Islam pada Para Sahabat zaman para sahabat, terkhusus pada zaman Khalifah empat
atau yang lebih terkenal dengan sebutan Khulafaur Rasyidin, Islam berkembang
dengan pesat dimana hampir 2/3 bumi yang kita huni ini hampir dipegang dan
dikendalikan oleh Islam. Hal itu tentunya tidak terlepas dari para pejuang yang
sangat gigih dalam mempertahankan dan juga dalam menyebarkan islam sebagai
agama Tauhid yang diridhoi. Perkembangan islam pada zaman inilah merupakan
titik tolak perubahan peradaban kearah yang lebih maju. Maka tidak heran para
sejarawan mencatat bahwa islam pada zaman Nabi Muhammad dan Khulafaur Rasyidin
merupakan islam yang luar biasa pengaruhnya. Namun yang terkadang menjadi
pertanyaan adalah kenapa pada zaman sekarang ini seolah kita melupakannya.
Sekaitan dengan itu perlu kiranya kita melihat kembali dan mengkaji kembali
bagaimana sejarah islam yang sebenarnya.
B.PERUMUSAN MASALAH
Agar
tidak terjadi kesimpang siuran dalam penyusunan makalah ini, maka saya
merumuskan masalah sebagai berikut:
1)Pengertian
Khulafaur Rasyidin
2)Kepemimpinan
Khalifah Abu Bakar as-Siddiq
3)Kepemimpinan Khalifah
Umar Bin Khottob
4)Kepemimpinan
Khalifah Utsman Bin Affan
5)Kepemimpinan
Khalifah Ali Bin Abi Thalib
C.TUJUAN PENULISAN
Adapun
tujuan penulisan dalam membahas masalah ini adalah untuk mengetahui bagaimana :
2)Rasulullah SAW
Membangun Masyarakat Islam di Madinah
3)Pengertian
Khulafaur Rasyidin
4)Kepemimpinan
Khalifah Abu Bakar as-Siddiq
5)Kepemimpinan
Khalifah Umar bin Khottob
6)Kepemimpinan
Khalifah Utsman bin Affan
7)Kepemimpinan
Khalifah Ali Bin abi Thalib
D.METODE PENULISAN
Metode
yang digunakan penulis adalah metode kepustakaan yaitu memberikan gambaran
tentang materi-materi yang berhubungan dengan permasalahan melalui dari media
massa/internet.
BAB
II ISI
PERTUMBUHAN
DAN PERKEMBANGAN ISLAM PADA MASA
KHULAFAUR
RASYIDIN
A.PENGERTIAN KHULAFAUR RASYIDIN
Khulafaur
Rasyidin atau Khulafa ar-Rasyidun adalah wakil-wakil atau khalifah-khalifah
yang benar atau lurus. Mereka adalah waris kepemimpinan Rasulullah selepas
kewafatan junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Para tokoh ini merupakan
orang-orang yang arif bijaksana, jujur dan adil dalam memberikan keputusan dan
menyelesaikan masalah-masalah yang timbul dalam masyarakat. Pada saat
perlantikan mereka dibuat secara syura yaitu perbincangan para sahabat atau
pilihan khalifah sebelum. Selepas pemerintahan ini, kerajaan Islam diganti oleh
kerajaan Ummaiyyah.
Khalifah
adalah pemimpin yang diangkat sesudah nabi Muhammad SAW wafat untuk
menggantikan beliau melanjutkan tugas-tugas sebagai pemimpin agama dan kepala
pemerintahan.
Adapun
Khulafaur Rasyidin dalam sejarah islam yang dimaksud terdiri daripada empat
orang sahabat sebagai berikut:
Saidina Abu
Bakar ( 632-634 M )
Saidina Umar bin
Khatab ( 634-644 M )
Saidina Uthman
bin Affan ( 644-656 M )
Saidina Ali bin
Abi Talib ( 656-661 M )
B.EMPAT KHALIFAH
SHAHABAT NABI
Keempat
khalifah diatas bukan saja berhasil dalam melanjutkan risalah islam dan
menegakkan tauhid, tetapi juga menyebarluaskan ke seluruh penjuru alam ini.
1.KHALIFAH ABU BAKAR AS-SIDDIQ (632-634 M )
Setelah
nabi wafat, sebagai pemimpin umat islam adalah Abu Bakar As-Siddik sebagai
kholifah. Kholifah adalah pemimpin yang diangkat setelah nabi wafat untuk
menggantikan nabi dan melanjutkan tugas-tugas sebagai pemimpin agama dan
pemerintah.
1)Menjadi
Khalifah Pertama
Semasa
Rasulullah SAW sedang sakit tenat, baginda mengarahkan supaya Saidina Abu Bakar
mengimamkan solat orang Islam. Selepas kewafatan Nabi Muhammad SAW., sebuah
majlis yang dihadiri oleh golongan Ansar dan Muhajirin ditubuhkan untuk
melantik seorang khalifah bagi memimpin umat Islam. Hasil dari perjumpaan itu,
Saidina Abu Bakar dilantik dan menjadi khalifah pertama umat Islam.
Perlantikan
Saidina Abu Bakar mendapat tentangan daripada beberapa orang yang ingin
melantik Saidina Ali Abi Talib sebagai khalifah kerana Saidina Ali merupakan
menantu dan anak saudara Rasulullah SAW. Golongan Syiah yang merupakan golongan
daripada keluarga Bani Hashim menentang perlantikan Saidina Abu Bakar.
Tentangan itu tamat selepas Saidina Ali Abi Talib membaihkan Saidina Abu Bakar.
Ada pendapat mengatakan bahawa Saidina Ali bin Abi Talib hanya membaihkan
Saidina Abu Bakar selepas enam bulan.
2)Ekspedisi ke
Utara
Selepas
berjaya mengurangkan golongan riddah, Syaidina Abu Bakar mula menghantar
panglima-panglima perang Islam ke utara untuk memerangi Byzantine (Rom Timur)
dan Empayar Parsi. Khalid Al-Walid berjaya menawan Iraq dalam hanya satu kempen
ketenteraan. Beliau juga menempuh kejayaan dalam beberapa ekspedisi ke Syria.
Menurut seorang orientalis Barat, kempen Saidina Abu Bakar hanyalah sebuah
lanjutan daripada Perang Riddah. Hal ini jelas salah memandangkan kebanyakan
golongan riddah terletak di selatan Semenanjung Arab dan bukannya di utara.
3)Pengumpulan
Al-Quran
Menurut
ahli sejarah Islam, selepas Perang Riddah ramai orang yang mahir menghafaz Al
Quran terbunuh. Saidina Umar Al-Khatab (khalifah yang berikutnya) meminta
Saidina Abu Bakar untuk mula menjalankan aktviti pengumpulan semula ayat-ayat
Al Quran. Saidina Uthman Affan kemudiannya melengkapkan aktiviti pengumpulan Al
Quran semasa beliau menjadi khalifah.
4)Kewafatan
Saidina Abu Bakar As-Siddiq
Saidina
Abu Bakar wafat pada 23 Ogos 634 di Madinah iaitu dua tahun selepas menjadi
khalifah. Ada dua pendapat mengenai sebab kematian Saidina Abu Bakar. Ada yang
mengatakan disebabkan keracunan dan ada pula yang mengatakan Saidina Abu Bakar
meninggal dunia secara biasa. Sebelum kewafatannya, Saidina Abu Bakar mengesa
masyarakat menerima Saidina Umar Al-Khatab sebagai khalifah yang baru. Saidina
Abu Bakar dikebumikan di sebelah makam Nabi Muhammad s.a.w. di Masjid an-Nabawi
yang terletak di Madinah.
5)Sumbangan
Saidina Abu Bakar
Saidina
Abu Bakar walaupun hanya memerintah selama dua tahun (632-634), tetapi beliau
banyak menyumbang terhadap perkembangan Islam. Beliau berjaya menumpaskan
golongan Riddah yang ada diantaranya murtad dan ada diantaranya mengaku sebagai
nabi. Beliau juga mula mengumpulkan ayat-ayat Al Quran dan beliau juga berjaya
meluaskan pengaruh Islam.
Kekuasaan
yang dijalankan pada massa khalifah Abu Bakar, sebagaimana pada masa Rasululllah,
bersifat sentral; kekuasaan legislatif, eksekutif, dan yudikatif terpusat
ditangan Khalifah. Selain menjalankan roda pemerintahan, khalifah juga
melaksanakan hukum,. Meskipun demikian, seperti juga Nabi Muhammad SAW, Abu
Bakar selalu mengajak sahabat-sahabatnya bermusyawarah.
2.KHALIFAH UMAR BIN-KHATAB ( 634-644 M )
Setelah
abu Bakar menunjuk penggantinya yaitu Umar Bin Khattab, yang tujuannya adalah
untuk mencegah supaya tidak terjadi perselisihan dan perpecahan dikalangan umat
islam.
Pada masa umar bin Khattab, kondisi politik
dalam keadaan stabil, usaha perluasan wilayah islam pemperoleh hasil yang
gemilang. Wilayah islam pada masa umar bin Khattab meliputi Semenanjung
Arabiah, Palestina, Siria, Irak, Persia dan Mesir.
Dengan
meluasnya wilayah Islam mengakibatkan meluas pula kehidupan dalam segala
bidang. Untuk memenuhi kebutuhan ini diperlukan manusia yang memiliki
keterampilan dan keahlian, sehingga dalam hal ini diperlukan pendidikan.
Pada
masa Kholifah Umar Bin Khattab, sahabat-sahabat yang sangat berpengaruh tidak
diperbolehkan untuk keluar daerah kecuali atas izin dari Kholifah dan dalam
waktu yang terbatas. Jadi, kalau ada diantara umat Islam yang ingin belajar
hadis harus pergi ke madinah, ini berarti bahwa penyebaran ilmu dan pengetahuan
para sahabat dan tempat pendidikan adalah berpusat di Madinah.
1)Pemerintahan
Saidina Umar
Semasa
pemerintah Saidina Umar, Empayar Islam berkembang dengan pesat; menawan
Mesopotamia dan sebahagian kawasan Parsi daripada Empayar Parsi (berjaya menamatkan
Empayar Parsi), dan menawan Mesir, Palestin, Syria, Afrika Utara, dan Armenia
daripada Byzantine (Rom Timur). Ada diantara pertempuran ini menunjukkan
ketangkasan tentera Islam seperti Perang Yarmuk yang menyaksikan tentera Islam
yang berjumlah 40,000 orang menumpaskan tentera Byzantine yang berjumlah
120,000 orang. Hal ini mengakhiri pemerintahan Byzantine di selatan Asia Kecil.
Pada
tahun 637, selepas pengempungan Baitulmuqaddis yang agak lama, tentera Islam
berjaya menakluk kota tersebut. Paderi besar Baitulmuqaddis yaitu Sophronius
menyerahkan kunci kota itu kepada Saidina Umar. Beliau kemudiannya mengajak
Saidina Umar supaya bersembahyang di dalam gereja besar Kristian yaitu gereja
Church of the Holy Sepulchre. Saidina Umar menolak dan sebaliknya menunaikan
solat tidak beberapa jauh daripada gereja tersebut kerana tidak ingin
mencemarkan status gereja tersebut sebagai pusat keagamaan Kristian. 50 tahun
kemudian, sebuah masjid yang digelar Masjid Umar dibina di tempat Saidina Umar
menunaikan solat.
Saidina
Umar banyak melakukan reformasi terhadap sistem pemerintahan Islam seperti
menubuhkan pentadbiran baru di kawasan yang baru ditakluk dan melantik
panglima-panglima perang yang berkebolehan. Semasa pemerintahannya juga kota
Basra dan Kufah dibina. Saidina Umar juga amat dikenali kerana kehidupannya
yang sederhana.
2)Wafatnya
Saidina Umar
Saidina
Umar wafat pada tahun 644 selepas dibunuh oleh seorang hamba Parsi yang bernama
Abu Lu’lu’ah. Abu Lu’lu’ah menikam Saidina Umar kerana menyimpan dendam terhadap
Saidina Umar. Dia menikam Saidina Umar sebanyak enam kali sewaktu Saidina Umar
menjadi imam di Masjid al-Nabawi, Madinah.
Saidina
Umar meninggal dunia dua hari kemudian dan dikebumikan di sebelah makam Nabi
Muhammad SAW dan makam Saidina Abu Bakar. Selepas kematiannya lalu Saidina
Uthman bin Affan dilantik menjadi khalifah.
Diantara
perkembangan yang ada pada masa Khalifah Umar adalah :
• Pemberlakuan
Ijtihad
• Menghapuskan
zakat bagi para muallaf
• Menghapuskan
hukum mut’ah
• Lahirnya ilmu
Qira’at
• Penyebaran
Ilmu Hadits
• Menempa mata
uang dan
• menciptakan
tahun Hijriah
3.KHALIFAH USMAN BIN AFFAN ( 644-656 M )
Usman
Bin Affan adalah termasuk saudagar besar dan kaya dan sangat pemurah
menafkahkan kekayaannya untuk kepentingan umat islam. Usman dianggap menjadi
Kholifah hasil dari pemilihan panitia enam yang ditunjuk oleh Kholifah Umar bin
Khattab menjelang beliau akan meninggal.
Pada
masa Kholifah Usman bin Affan, pelaksanaan pendidikan islam tidak jauh berbeda
dengan masa sebelumnya. Pendidikan di masa ini hanya melanjutkan apa yang telah
ada, namun hanya sedikit terjadi perubahan yang mewarnai pendidikan islam. Para
sahabat yang berpengaruh dan dekat dengan Rasullullah yang tidak diperbolehkan
meninggalkan madinah dimasa Umar, diberikan kelonggaran untuk keluar dan
menetap di daerah-daerah yang mereka sukai. Kebijakan ini sangat besar
pengaruhnya bagi pelaksanaan pendidikan di daerah-daerah.
Proses
pelaksanaan pola pendidikan pada masa Usman ini lebih ringan dan lebih mudah di
jangkau oleh peserta didik yang ingin menuntut dan belajar islam dan dari segi
pusat pendidikan juga lebih banyak, sebab pada masa ini para sahabat bias
memilih tempat mereka inginkan untuk memberikan pendidikan pada masyarakat.
Kholifah
Usman sudah merasa cukup dengan pendidikan yang sudah berjalan, namun begitu
ada satu usaha yang cemerlang yang telah terjadi di masa ini yang berpengaruh
luar biasa bagi pendidikan islam, yaitu untuk mengumpulkan tulisan ayat-ayat
Al-Qur’an. Berdasarkan hal-hal ini, Kholifah Usman memerintahkan kepada tim
untuk menyalin tersebut, ada pun tim tersebut adalah : Zaid bin Tsabit,
Abdullah bin Zubair, Zaid bin Ash, dan Abdurrahman bin Harist.
Saidina
Usman menjadi khalifah selepas Saidina Umar bin Khatab dibunuh pada tahun 644.
Beliau memerintah selama dua belas tahun iaitu dari tahun 644 sehingga tahun
656. Antara pembaharuan yang dibuat ialah menubuhkan Angkatan Tentera Laut yang
diketuai oleh Muawiyah dan membuat dasar terbuka dalam hubungan politik dan
urusan dagangan Semasa pemerintahannya, keseluruhan Iran, sebahagian daripada
Afrika Utara, dan Cyprus menjadi sebahagian daripada empayar Islam. Saidina
Uthman wafat pada tahun 656 akibat dibunuh oleh pemberontak yang tidak puas
hati dengan pemerintahannya.
Diantara
perkembangan yang ada pada masa Khalifah Ustman adalah :
•
Penaskahan Al-Qur’an
•
Perluasan Masjid Nabawi dan Masjidil Haram
•
Didirikannya masjid Al-Atiq di utara benteng babylon
•
Membangun Pengadilan
•
Membentuk Angkatan Laut
•
Membentuk Departemen
4.KHALIFAH ALI BIN ABI THALIB ( 656-661 M )
Pada
tahun 656 masihi, khalifah Ali bin Abi Thalib, Islam yaitu Saidina Uthman bin
Affan wafat kerana dibunuh di dalam rumahnya sendiri. Segelintir masyarakat
kemudiannya mencadangkan Saidina Ali supaya menjadi khalifah tetapi Saidina Ali
menolak. Selepas didesak oleh pengikutnya, beliau akhirnya menerima untuk
menjadi khalifah.
Ali
adalah Kholifah yang keempat setelah Usman bin Affan. Pada pemerintahannya
sudah diguncang peperangan dengan Aisyah beserta Talhah dan Abdullah bin Zubair
karena kesalahpahaman dalam menyikapi pembunuhan terhadap usman, peperangan di
antara mereka disebut perang Jamal (unta) karena Aisyah menggunakan kendaraan
unta. Setelah berhasil mengatasi pemberontakan Aisyah, muncul pemberontakan
lain, sehingga masa kekuasaan Kholifah Ali tidak pernah mendapatkan ketenangan
dan kedamaian.
Muawiah
sebagai gubernur Damaskus memberontak untuk menggulingkan kekuasaannya. Perang
ini disebut dengan perang Siffin, karena terjadi di Siffin. Ketika tentara
muawiyah terdesak oleh pasukan Ali, maka Muawiyah segera mengambil siasat untuk
menyatakan tahkim (penyelesaian dengan adil dan damai). Semula Ali menolak,
tetapi karena desakan sebagian tentara akhirnya Ali menerimanya, namun Tahkim
malah menimbulkan kekacauan, sebab muawiyah bersifat curang, sebab dengan
Tahtim Muawiyah berhasil mengalahkan Ali dan mendirikan pemerintahan tandingan
di Damaskus. Sementara itu, sebagian tentara yang menentang keputusan Ali
dengan cara Tahkim, meninggalkan Ali dan membuat kelompok tersendiri yaitu
Khawarij.
Diantara
perkembangan yang ada pada masa Khalifah Ali adalah :
•
Terciptanya ilmu bahasa/nahwu (Aqidah nahwiyah)
•
Berkembangnya ilmu Khatt al-Qur’an
•
Berkembangnya Sastra
BAB
III
PENUTUP
A.KESIMPULAN
Dari
beberapa pembahasan mengenai pertumbuhan dan Perkembangan Islam Pada Masa
Khulafaur Rasyidin diatas maka dapat diambil beberapa kesimpulan yang
diantaranya :
1.Khulafa
ar-Rasyidin atau Khulafa ar-Rasyidun (jamak kepada Khalifatur Rasyid) berarti
wakil-wakil atau khalifah-khalifah yang benar atau lurus Adapun maksudnya
disini adalah empat Khalifah Shahabat Nabi yaitu Abu Bakar, Umar, Utsman dan
Ali ra
2.Pada Masa
pemerintahan Abu Bakar Islam berkembang dengan melalui penyebaran langsung
ketempat dimana belum ada penduduk yang beragama Islam. Pada masa ini pula
Al-quran dikumpulkan dan ini pula merupakan jasa pemerintahan pada zaman beliau
3.Pada Masa Umar
(Masa Penguatan Pondasi Islam), Utsman ( Masa Pembukuan Al-quran) dan Ali,
Islam sudah sangat tersebar luas diwilayah wilayah selain diwilayah jazirah
arab itu sendiri. Dimana pada masa beliau beliau adalah merupakan tindak lanjut
dari proses penyebaran Islam sebelumnya.
4.Adapun
kronologis khulafaurrasyidin adalah sejak wafatnya Nabi Muhammad SAW sampai
dengan masa khalifah Ali bin Abi Thalib dengan berbagai macam rentetan
peristiwa yang terjadi pada setiap masanya.
Sehingga
dari berbagai macam analisis kesimpulan diatas bisa dikatakan bahwa Islam
berkembang pada masa Khulafaur Rasyidin adalah melalui beberapa aspek
pendekatan yang diantaranya adalah pendekatan da’wah yang meliputi da’wah
dengan lisan (diplomasi) dan juga perbuatan (pertempuran).
B.SARAN-SARAN
Adapun
saran yang bisa penulis berikan :
1.Kepada semua
pembaca bila mendapat kekeliruan dalam makalah ini harap bisa meluruskannya.
2.Untuk supaya bisa membaca kembali literatur-literatur yang berkenaan dengan pembahasan ini sehingga diharapkan akan bisa lebih menyempurnakan kembali pembahasan materi dalam makalah ini.
2.Untuk supaya bisa membaca kembali literatur-literatur yang berkenaan dengan pembahasan ini sehingga diharapkan akan bisa lebih menyempurnakan kembali pembahasan materi dalam makalah ini.
DAFTAR PUSTAKA
Dr. Badri Yatim,
M.A, Sejarah Peradaban Islam “Dirasah Islamiyah”, PT. Raja Grapindo Persada,
Jakarta, 2007.
Prof. Dr. H. Samsul Nizar, M. Ag. Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Era Rasulullah Sampai Indonesia, Prenada Media Group, Jakarta, 1999.
Nasution, Harun : Filsafat Pendidikan Islam 1982 Jakarta.
Sejarah Peradaban Islam, Buku Panduan Madrasah Aliyah Kelas XII
file:///C:/Users/UDIN/Documents/pertumbuhan-islam-masa-nabi.html